it’s not a serendipity

just get it..let do it..take somethin’ on it..

Kategori: Uncategorized

Akuntansi Versi Sederhana

pebriansyaharpah

Udah lihat tulisan-tulisan tentang akuntansi di kamar sebelah? Pasti lebih rinci dan panjang-panjang tulisannya. Mulai dari pengertian, sejarah, sampe proses-prosesnya. Di bawah ini rada beda, secara singkat dan sederhana menggambarkan apa itu akuntansi.

1a

kalau dilihat secara sederhana, proses akuntansi itu seperti ini loh:

2a

Output dari proses akuntansi itu sendiri lazimnya adalah Laporan Keuangan (LK). Penyusunan LK dimulai dari menyusun Laporan Laba Rugi, lalu Laporan Perubahan Modal, kemudian Neraca. Urutan ini merupakan suatu keharusan karena di dalam Neraca terdapat komponen Modal pada saat tanggal laporan. Sementara Modal yang disajikan harus berupa modal yang telah dihitung pada Laporan Perubahan Modal. Adapun Sumber data Laporan Perubahan Modal adalah Laporan Laba Rugi. Itulah sebabnya kenapa Laporan Laba Rugi yang terlebih dahulu disusun.

3a

Laporan Keuangan adalah alat yang digunakan pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengambil keputusan. Pihak-pihak tersebut secara umum dibagi dua, yakni pihak internal perusahaan (contoh: pihak manajemen, karyawan, dll) , dan pihak eksternal perusahaan (contoh:…

Lihat pos aslinya 43 kata lagi

Iklan

20 – 21 Desember 2012

00:03 selesai nonton Habibie Ainun dan entah mengapa semakin membuat aku ingin sendiri dulu.

image

If love was a bird, then we wouldn’t have wings

Dear ogiee

Amppuuun gie, beneran deh aku klo kayak gini lebih baik gak punya pacar. Udah abis bener kesabaran ini. Egois!

Dia risih di telponin di jam kantor, ngeluh aku jadi lebih manja dan tergantung sama dia, okeee aku gak nelponin dia lagi.

Ga suka dilarang dan dibatesin, okee mau jam berapapun pergi nongkrong sama temennya aku bolehin.

Tapi perduli gak dia? Saat aku kesepian, aku butuh temen cerita, aku sedang sedih.. aku yang gak biasa manja tiba2 manja itu kenapa ? Tau gak?

Dan sekarang, apa? Gak mau ditanya2in! Ngeluh aku gak percayaan dan ringam di curigai.

Yampun…jadi mau nya gimana? Mungkin dia mau pergi sama temen2, kerja, sibuk dipercayain aja..gak mau di kekang, gak mau gak dipercaya. Terus ngabarin sesuai mood nya aja, kesadaran dia aja. Klo lagi kerja, seneng2 sama temen2 pergi deh kemanapun dia mau tapi gak mau juga banyak ditanya2.

Mau pacar yang ikutin aja irama dia, percaya aja sama dia. Aku rasa klo itu membahagiakan, aku mau aja. Tapi ini nahan hati hampir tiap hari. Yaudah mending sekalian bebaslah. Dia mau dimengerti tapi ngerti gak dia perasaan aku?? Habis waktu aku nahan hati, nangis, sama orang yang perduli perasaan aku pun engga. Capek.

Okee sekarang udah kerja, sibuk, toh juga klo mau deketin cewek, ada aja yang mau (ini dia sendiri pernah bilang).

Yahh…iya aku sedang emosi ini.. Dia dateng klo kesepian, tapi saat sama temen2 barunya, ketawa2, kayaknya ada aku malah perusak mood.

Sekian gie, kecewa berat.
Thanks for sharing.

5 December 2012

Dear oggiie….
Nice to meet you !

Mau report doong…
Kebaikan yang aku buat hari ini..adalah aku ke kantor pagii sekali saat orang-orang belum pada datang.
Aku beres-beres ruangan dan buat ruangan sampe wangii dan sejuk. Dari hal sesimpel itu pun ternyata dampaknya enak buat diri sendiri dan temen-temen lain, kerja juga jadinya lebih semangat dan nyaman.

Untuk besok-besok pun udah banyak target yang aku buat untuk aku lakuin. Bukan sekedar untuk diri sendiri, tapi harus ada kontribusi untuk membantu dan menyenangkan orang lain.

Dan merenung introspeksi begini pun sebenernya udah kemajuan sih, gie. Aku suka nulis begini jadi aku tau gitu jelek buruk, kurang lebih apa dari yang aku lakuin…karena dipikirin lagi, diinget-inget lagi. Yaa yaa…setiap orang kan memang gak sempurna, tapi yang terpenting adalah punya kesadaran untuk memperbaiki dan mau diperbaiki. Targetnya sih bersikap lebih sabar, positive thinking, dan elegan yang pandai mengendalikan emosi.

Ada 1 passion yang selalu jadi keinginan manis dalem hati, gak pernah satu pun aku ceritain ke orang lain. Tapi selalu…selalu dari dulu rasanya ingiiin sekali. Biasanya setiap pengen sesuatu selalu menggebu, tapi ini tuh kyanya jadi rahasia hati aja. Karena sepertinya gak pede gitu ngomongnya.

Dan ada 1 passion yang gelisah menggebunya, pengen banget jadi Survivor untuk wanita. “Jangan pernah takut melakukan hal yang engkau yakini benar, hanya karena engkau adalah seorang wanita” Itu kalimat dari seorang wanita hebat yang telah mencetak wanita hebat lainnya, Ibu dari Hillary Clinton. Aku setidaknya mau berkeliling dunia, bukan semata untuk berkeliling, liburan, dan bersenang-senang, tapi untuk membuka mata, lebih perduli, dan menebar aura kebaikan dimanapun aku menginjakan kaki.

Dan dari menulis ini, ada 1 keputusan yang tanpa sadar aku simpulkan dan mantapkan, tapi bersambung ya gie. Ada yang mau aku pelajari malem ini. Aku mau tidur lebih malem dan bangun lebih pagi. Berimjinasi dan productive di kala malam, doing nice di pagi hari, dan action di siang hari.

Thankiiiie for sharing, Ogie! ^^

Painful Night

Bloggy,

Gak ada kata-kata serupa yang lebih panjang nulisnya, lebih enak nyebutnya, atau lebih mewakili, malam ini, selain makan hati.

2 Tahun 6 Bulan

Helloooo blog! ^^

Udah lama bangeeet ya kita gak ketemu! kamu udah kayak mati suri sejak aku mulai cuek dan sibuk sendiri. hehe

Tapi sekarang aku pengen pdkt lagi deh. Aku kangen nulis, aku kangen baca. Aku kangen curhat. Aku kangen ngayal sama kamu. Kamu buat aku pinter, main sama kamu buat aku tertantang buat banyak baca.

Masa ya blog, aku merasa kehilangan diri aku yang dulu. Aku merasa kurang menghargai diri sendiri, Kurang meng-upgrade diri aku. Aku terlalu sibuk menggantungkan kebahagian pada kondisi dan orang lain. Padahal seharusnya di diri sendiri ini lah aku dan juga orang lain menemukan kebahagiaan.

Aku butuh banyak baca. Aku butuh banyak memahami sekeliling. Aku pengen naik bus mahasiswa yang dari cinde ke indralaya, duduk di pojok belakang sekali. Ngeliat jalan dan pemandangan sambil pikiran yang dibawa angin kemana-mana. Selalu..inspirasi, ide, kretivitas bermunculan dari situ.

Aku rindu gimana aku bisa menginspirasi banyak orang buat ikut kebawa ide-ide gila dan melakukan hal-hal gila yang asik. Aku sekarang seperti sosok yang membosankan. Kreativitas memang ga pernah mati. Tapi passion dan kharisma itu semakin memudar. Aku gak mau kehilangan itu.

Aku jadi orang yang mudah di kendalikan kondisi, bukan orang yang bisa menciptakan kondisi-kondisi asik seperti dulu. Wanita lemah yang ketika moodnya gak bagus, maka gak bisa apa-apa. Dan parahnya lagi…terkadang mood sendiri, yang menciptakannya orang lain! How poor i am… Bahkan aku sendiri pun merasa kurang meyakinkan untuk diri aku sendiri, bagaimana bisa membuat orang lain yakin?

Well..blog.. Baiknya..aku masih di kasih kesempatan buat menyadari dan baiknya lagi aku bisa sedini mungkin introspeksi dan kemudian upgrade. Aku merasa jiwa aku gak sekaya dulu. Tapi juga gak sepenuhnya hilang, Ini buktinya aku masih ngeh,

Kamu bakal sering aku repotin lagi yaa…

Aku mau kembali hebat. Aku mau terus dan terus mengejar ketertinggalan ini. Aku butuh melakukan sesuatu yang bisa buat aku mempercayai kembali diri aku. Daripada aku banyak berpikir muluk tetapi terus surut. Aku pikir menghidupkan kamu kembali bisa buat aku lebih paham dan fokus diri. Menemukan dan mengerti apa sih yang aku harapkan dari diri ini. Aku mau terus memperbaiki kekurangan aku, menjadi seseorang yang dinamis, memiliki jiwa sosial yang tinggi, selalu mau belajar.

Aku juga butuh Allah, karna meninggalkan-Nya itu seperti membiarkan hati ini kosong. Jujur…jauh dari Allah, ninggalin solat, dan terus membiarkan diri ini jatuh dalam dosa yang terkadang terus2an sama adalah sama halnya dengan gak punya jiwa. Kosong! Mau ngapain aja serasa gak ngapa-ngapain. Linglung… Pikiran, imajinasi memang ga berbatas, semua orang bebas membawa pikiran dan imajinasinya kemanapun dia mau, tapi hati…itu selalu butuh tempat bermuara.

Aku harap semua yang aku curhatin ke kamu malem ini, bisa buat aku menemukan kembali titik hebat yang dulu dan mengejar ketertinggalinnya kembali. Aku tau blogy..kamu meskipun kecewa, tapi seneng aku mainin lagi. 😀

Serendipity..keadaan mempertemukan kita kembali..

Jembatan Ampera

Jembatan Ampera

Tegas bersyukur

Hal yang paling kita sukai, kadang terasa lebih cepat berlalu dan tiba-tiba menghilang. Janganlah berharap hal yang membahagiakan kita akan membahagiakan selamanya. Yang aku rasain, sering kali aku ngerasa paling lemah justru saat aku sedang berbahagia. Karna kebahagiaan yang sedang aku rasain membuat aku lupa bahwa aku harus tetap menghargai dan memperlakukan sesuatu yang membahagiakan itu tetap baik. Tapi ketika berada dalam keadaan yang sulit, sering kali kita membiarkan diri kita terlalu lama tersiksa didalamnya.

Sebenerny kita tau gimana caranya keluar dari keadaan yg gak kita sukai, tapi kita berlaku seolah-olah kita menunggu orang yang sangat kuat buat maksa kita ngelakuinnya. Kita gak akan pernah 100% siap menghadapi hal baru yang belum terbiasa. Semua langkah baru yang kita ambil itu sering kali dengan paksaan. Kadang ketika kita merasa tidak nyaman dengan keadaan, butuh waktu yang lebih lama buat kita bertahan sampai akhirnya kita harus benar-benar terpaksa keluar dari keadaan itu. Setelahnya? Ternyata keadaan yang baru membuat hati dan pikiran kita lebih bahagia. Sebenernya itu bukan masalah waktu sampai kita berpindah keadaan sendiri, itu ketegasan kita dalam memutuskan sesuatu. Seberapa lama sih kita memiliki waktu? Seberapa kuat kita bisa menggenggam waktu sampai bisa tenang menunggu berada di kondisi yang lebih baik?

Aku belajar untuk menghargai masa-masa bahagia, merasakannya sebaik mungkin, menjaganya seolah tidak selamanya merasakan, dan tidak membiarkannya terusik.

Aku belajar untuk memaksakan diri melakukan sesuatu yang gak mudah, suka dengan sesuatu yang belum pernah dikerjain, dan merasa tertantang dengan sesuatu yang orang bilang sulit..

Be brave, independent, n thankful..

Diminishing Happiness


Bulan ini terlalu banyak keinginan yang selalu berusaha aku penuhi buat diri aku sendiri. Kemaren aku kepengen banget ipod touch. Setengah mati ngumpulin DP dan nyusun proposal  –papa selalu minta rincian proposal atas setiap apa yang aku minta— buat minta ditambahin sama papa. Akhirnya aku juga punya ipod touch yang –SUMPAH— saat itu aku pengeen pengeen banget! Setelah ipod sampe, disaat yang sama temen-temen lagi gencar-gencarnya maen sepeda. Dimana-mana pada ngomongin sepeda, bahkan mereka jemput kerumah buat maen sepeda. Aku cuma punya sepeda anak-anak dirumah meskipun merknya United, tapi tetep aja sepeda Barbie, punya si ines (adek aku yg SD) lagi! Aku akhirnya jual ipod yang sama sekali belum pernah dipake, demi apa? Demi beli sepeda! Dan aku juga jelas inget, betapa saat itu pengeeennya beli sepeda. Belum lagi komunitas sepeda yang buat aku makin tertarik, aku suka sesuatu yang buat aku bakal punya semakin banyak temen. Dan alasan-alasan lain yang buat sepeda adalah pilihan yang aku rasa (sekali lagi) paling tepat saat itu. Aku dengan tabungan lagi dan uang ipod yang sudah liquid (lagi) berhasil ngumpulin duit beli sepeda. Tapi karna gak mau beli yang tanggung, aku tunggu sekitaran seminggu-dua minggu lagi nabung buat beli sepeda yang lebih qualified. Selama masa menabung itu, aku ngobrol sama seseorang tentang alam, makhluk hidup, dan ekspresi. Aku tertarik, sangat tertarik sama topic obrolan kami. Dan bahwa segala sesuatu yang kita lihat di alam dan segala aktivitasnya mungkin aja gak akan kita temui dua kali. Oleh karenanya, betapa pentingnya pengabadian semua itu dengan KAMERA! Aku yang selalu ngerasa bisa ngambil foto dari angle yang lumayan PAS dan buat objek foto nya jadi lebih indah. Aku yang dari dulu tertarik banget didunia photography. JELAS, aku bener-bener pengen banget kamera digital SLR. Harganya gak muraah. Dan aku nabung lagi dengan ambisinya. Abis-abisan ngejalanin bisnis buat muter duit. Minta tambahan dari tante-tante. Bahkan mau ngajuin kredit demi memiliki kamera DSLR yang gak nanggung. Haha.. Hampir..hampir berhasil! But guess?

Aku baca artikel betapa asiiknya bisa belajar bahasa inggris langsung diluar negeri  (program salah satu lembaga bahasa inggris). Bukannya akan lebih banyak lagi yang aku dapet selain hanya bisa ngomong bahasa inggris casciscus kayak bule? Pengalaman, temen-temen baru?! It will be more exciting n FUN! Tapi biayanya sangat gak murah. Aku yang selalu ga mau nanggung, pengen dong HOMESTAY nya di tempat yang paling jauh dan kedengeran paling keren, LONDON. Aku mau homestay di London. Setelah cari tau biaya, ternyata tiket dan akomodasi homestay beberapa bulan di London sekitaran belasan ribu USD!  Ratusan Juta Rupiah! Dan paling murah di Singapore, masih dibawah 10juta rupiah, dan di Australia yang sekitaran belasan-puluhan juta rupiah. Uang yang aku pegang sekarang buat kamera bener-bener jadi sayang. Meskipun papa bakal ngabulin kalau beliau punya uang –karena itu jelas kegiatan yang value added banget— tapi kalo engga? Aku gak mau Cuma ngandalin papa buat meraihnya, papa hanya alternative kejepit. Aku harus usaha dulu. Aku harus bisnis yang lebih giat lagi buat muter uangnya. Dan yang jelas, aku tersiksa banget sama keinginan yang gak kunjung selesai ini.

Aku capek sih anget-angetan gak konsisten mau nya apa. Tapi aku suka dengan usaha aku. Aku suka karena banyak keinginan yang dibarengin sama banyak pertimbangan, tabungan aku jadi ningkat terus. Jadi gak foya-foya, karena ya jelas uangnya mau dikemanain.

Yang jelas kalau ukuran kebahagiaan itu aku nilai ketika HANYA melihat kebahagiaan orang lain dan membandingkannya, aku bakal jadi orang yang sangat menyedihkan. Untuk ukuran kebahagiaan sebaiknya kita lihat kebawah, banyak orang yang hidupnya lebih sederhana dari kita tapi mereka tetep survive dan bahagia kok. Dan ikut berbahagialah ketika melihat orang lain bahagia. Insya Allah, hidup kita bakalan penuh rasa syukur, karena kebahagiaan itu sesungguhnya semu kalau kita terus mencari pembanding diluar yang kita miliki.

Cara menyelesaikan rubik’s cube