Tegas bersyukur

by Indah Parmalia

Hal yang paling kita sukai, kadang terasa lebih cepat berlalu dan tiba-tiba menghilang. Janganlah berharap hal yang membahagiakan kita akan membahagiakan selamanya. Yang aku rasain, sering kali aku ngerasa paling lemah justru saat aku sedang berbahagia. Karna kebahagiaan yang sedang aku rasain membuat aku lupa bahwa aku harus tetap menghargai dan memperlakukan sesuatu yang membahagiakan itu tetap baik. Tapi ketika berada dalam keadaan yang sulit, sering kali kita membiarkan diri kita terlalu lama tersiksa didalamnya.

Sebenerny kita tau gimana caranya keluar dari keadaan yg gak kita sukai, tapi kita berlaku seolah-olah kita menunggu orang yang sangat kuat buat maksa kita ngelakuinnya. Kita gak akan pernah 100% siap menghadapi hal baru yang belum terbiasa. Semua langkah baru yang kita ambil itu sering kali dengan paksaan. Kadang ketika kita merasa tidak nyaman dengan keadaan, butuh waktu yang lebih lama buat kita bertahan sampai akhirnya kita harus benar-benar terpaksa keluar dari keadaan itu. Setelahnya? Ternyata keadaan yang baru membuat hati dan pikiran kita lebih bahagia. Sebenernya itu bukan masalah waktu sampai kita berpindah keadaan sendiri, itu ketegasan kita dalam memutuskan sesuatu. Seberapa lama sih kita memiliki waktu? Seberapa kuat kita bisa menggenggam waktu sampai bisa tenang menunggu berada di kondisi yang lebih baik?

Aku belajar untuk menghargai masa-masa bahagia, merasakannya sebaik mungkin, menjaganya seolah tidak selamanya merasakan, dan tidak membiarkannya terusik.

Aku belajar untuk memaksakan diri melakukan sesuatu yang gak mudah, suka dengan sesuatu yang belum pernah dikerjain, dan merasa tertantang dengan sesuatu yang orang bilang sulit..

Be brave, independent, n thankful..