Filosofi Jagung

by Indah Parmalia

Kemaren aku denger penjelasan dari dosen aku tentang tanaman jagung. Jagung itu normalnya bisa tumbuh di suhu 23-27 derajat Celcius. Tapi pemanasan global yang semakin parah ini ngebuat suhu meningkat dan jagung menyerap panas lebih lama dari waktu normal. Nah, karena terlalu banyak dan sering mengonsumsi panas, pertumbuhan jagung akan semakin meningkat. Artinya panen jagung akan semakin cepat. Yang seharusnya 7-8 minggu bisa jadi lebih cepet.

Tapi jangan pikir itu bagus dong. Karena..pertumbuhan yang cepat itu ga ngebuat jagung tumbuh dengan sempurna. Pertumbuhan yang terlalu cepat bakal mengurangi bobot hasil produksi. Jadi meskipun cepet tapi mengurangi timbangan. Dan biji jagungnya sendiri jadi kurang berisi.

Nah,, pas aku denger ini. Aku senyum-senyum sendiri.

Aku belajar bahwa segala sesuatu itu ada massa nya sendiri2. Boleh jadi kayak tanaman jagung tadi, cepat..tapi jadi ga sempurna.

Aku belajar bahwa memang waktu itu tak terbatas, tapi waktu untuk kita terbatas, tetapi bukan berarti aku tergesa untuk ngedapetin semuanya dan mengambil keputusan secepatnya..

Aku belajar bahwa apa yang kita belum juga mengerti sampai sekarang, dibalik itu Tuhan ngasih proses yang indah untuk kita mengerti lebih banyak..

Aku belajar bahwa untuk mendapatkan jawaban atas segala pertanyaan, dibutuhkan ekstra kesabaran..

Aku yakin semua ciptaan Tuhan itu ada sesuatu yang bisa kita pelajari seandainya aja kita bisa lebih peka dalam kehidupan ini.